JALAN BAHAGIA
Kumpulan renungan, refleksi, kisah bermakna dan inspiratif, serta cerita pergulatan hidup sehari-hari

Tips Hidup Bahagia

Manfaat Memaafkan

AddThis Social Bookmark Button

“Lihat saja...! Sampai mati pun saya tidak akan memaafkan dia...!”

Hmmm..... Kata-kata senada di atas sering kali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Herannya lagi, terkadang sikap tidak mau memaafkan itu justru ditujukan kepada orang yang dekat atau pernah dekat dengan pribadi kita. Tetapi sebetulnya sikap seperti itu hendaknya tidak kita ikuti, karena tidak ada yang untung (terlebih bagi diri kita sendiri). Yang ada justru sebaliknya.

Banyak alasan mengapa sebaiknya kita harus memaafkan orang lain, di antaranya:

  1. Dengan memaafkan sebetulnya kita melepaskan beban yang menghimpit batin kita. Banyak yang salah kaprah, mengira bahwa memaafkan adalah memberi sehingga merasa sulit melakukannya. Untuk itu, ubahlah pengertiannya: Memaafkan berarti ‘melepaskan’  beban di hati.
  2. Dengan memaafkan, berarti kita meringankan jalan hidup kita. Tidak ada untungnya menyimpan dendam di hati, karena hanya akan menggerogoti kita dari dalam.

 

 

  1. Dengan memaafkan kita belajar mengerti dan memahami orang lain. Kita akan terbiasa melihat segala sesuatunya bukan lebih ke diri kita, tetapi melihat dengan sudut pandang keluar. Maka kebijaksanaan akan menghampiri hidup kita.
  2. Dengan memaafkan kita belajar untuk rendah hati. Tidak ada yang patut jual mahal. Semua manusia sama dalam hal kekilafan.
  3. Dengan memaafkan kita belajar untuk menerima secara iklas segala sesuatunya.
  4. Dengan memaafkan, sebetulnya kita mencintai diri kita sendiri. Memaafkan adalah bukan untuk orang lain, tetapi untuk kesehatan jiwa kita.
  5. Dengan memaafkan, bukan hanya jiwa yang sehat, tetapi fisik juga akan terhindar dari penyakit seperti kanker dll.
  6. Dengan memaafkan berarti  orang lain, dan terlebih Tuhan sangat terbuka untuk memaafkan dosa kita suatu kelak. Tidak ada manusia yang suci dan tidak pernah melakukan kesalahan. Suatu saat kita pasti akan jatuh juga dalam lubang kesalahan itu, dan saat itu kita bisa berdoa semoga kita juga dimaafkan.

Tentunya masih banyak lagi alasan dan manfaat mengapa kita harus memaafkan orang lain. Setiap dari kita punya pengalaman sendiri. Semoga ini bisa memperkaya kita semua.... Hidup bahagia dimulai dengan memaafkan setiap hari. GBU... (Set)

Add comment


Security code
Refresh