JALAN BAHAGIA
Kumpulan renungan, refleksi, kisah bermakna dan inspiratif, serta cerita pergulatan hidup sehari-hari

Website counter
Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Software

Kumpulan Refleksi

Sepenuh Hati Bertumpuk Berkah

AddThis Social Bookmark Button

"Ahh... Males banget sih...! Harusnya di rumah bisa mengerjakan job sambilan, eh malah disuruh ikut seminar ga jelas kayak gini... Sial!"

 

Entah sudah berapa umpatan yang saya dengar sore itu. Baru juga mulai, umpatan kekekasalan sudah bermunculan. Padahal, seminarnya sendiri akan berlangsung selama 3 hari. Nah...! Bayangin akan ada berapa keranjang umpatannya nanti... :)

Tetapi begitulah adanya. Sering kita jumpai, bahkan kita alami sendiri, dimana kita mengikuti sebuah kegiatan dan pekerjaan dengan separuh hati. Bahkan terkadang tidak dengan membawa hati sama sekali, seperti rekan saya yang mengumpat tadi. Padahal, setelah saya coba dengarkan dan ikuti, sebetulnya materi seminarnya sangat menarik dan niscaya akan menambah kekayaan wawasan kita. 

Saya lalu teringat akan nasehat dari seorang atasan saya di yayasan tempat saya bekerja. Jika bekerja, bekerjalah dengan sepenuh hati. Jika melakukan sesuatu, lakukan dengan segenap tenaga, hati,  dan pikiran yang ada. Artinya tidak setengah-setengah. Maka kita akan mendapatkan sebuah berkah yang melimpah. Seperti sebuah gelas yang utuh dan dibawa ke sumber air, maka gelas itu akan mendapatkan segelas penuh air yang  segar. Beda dengan gelas yang pecah dan retak, maka berapapun air yang dituangkan, tak akan ada yang tersisa. Mungkin seperti itulah cara kerja berkah dan rahmat dari Tuhan. Jika kita mengerjakan tanggung jawab kita dengan hati dan pikiran yang terpecah belah, retak, tidak fokus, dan bercabang dengan segala hal yang tidak berhubungan, maka tentu saja Tuhan tidak akan menuangkan rejeki, berkah, dan rahmat ke kita. Dia akan memberikan ke orang lain yang siap, kerja sepenuh hati, seperti sebuah gelas utuh dan kosong yang siap diisi.

Dan begitulah, selama tiga hari kemudian, saya merasakan banyak sekali berkah yang bisa saya terima. Mendapatkan materi yang bagus, bisa makan gratis dan bergizi lagi, menambah wawasan dari diskusi dan obrolan dengan peserta yang lain, dan kenalan baru yang saya yakin akan membantu saya suatu saat kelak. 

Ingin berkah yang melimpah? Maka kerjakan segala sesuatu dengan sepenuh hati....

Add comment


Security code
Refresh