JALAN BAHAGIA
Kumpulan renungan, refleksi, kisah bermakna dan inspiratif, serta cerita pergulatan hidup sehari-hari

Linkshare_88x31McroBtn

Kumpulan Doa

Doa Satu Kata

AddThis Social Bookmark Button

Doa Satu Kata

Pernahkah merasa sangat sulit berdoa? Merasakan betapa susah untuk merangkai kata yang sesuai dengan kata hati. Atau merasakan, betapa doa kita di kala malam hari, atau dipagi hari, tidak menjadi bekal yang cukup bagi ketahanan jiwa kita. Sering kita memohon bimbingan, tuntunan, penjagaan, dan kekuataanNya untuk menjadi benteng saat menghadapi godaan dosa, dan mengarahkan kita ketika langkah kaki tergoda membelok tidak ke jalanNya, dan merasa hal itu tidak cukup ampuh.

Sebetulnya yang terjadi adalah kita sendiri yang kurang ampuh menghayati dan membatinkan segala doa kita. Doa kadang hanya menjadi untaian kata yang keluar dari mulut, dan berhenti setelah kita menutup doa. Salah satu cara untuk meresapkan doa adalah dengan mengulang-ulang dalam hati doa-doa kita, dari pagi hingga malam, melalui segala apapun kegiatan kita. Kesulitannya adalah ketika doanya terlalu panjang. Mungkin juga perasaan sungkan, apakah doa pantas kita darazkan di suatu tempat, situasi, dan kegiatan tertentu. Tida k ada yang tidak pantas di hadapan Tuhan jika semua dilakukan untuk kebenaran.

Jadi…. Tidak perlu berpikir kata dan kalimat apa yang bagus untuk berdoa. Tidak perlu ragu dan sungkan untuk berdoa dimana dan sedang apapun. Silahkan pilih cukup satu kata, yang benar-benar mewakili seluruh perasaan dan keintiman hati kita dengan Tuhan. ucapkan satu kata tadi di dalam hati dengan penuh kesadaran setiap detik, menit, dan jam dimanapun dan sedang apa pun kita dalam sehari-hari. Setiap menarik dan membuang nafas, hembuskan udara dengan disertai satu kata tadi. Maka setiap tarikan dan hembusan  nafas kita akan mengandung dan menyebarkan energy positif. Soo… Kata apa sajakah itu? Ya silahkan pilih sendiri. Bagi yang mengimani Yesus, bisa dipilih salah satu kata di bawah ini:

  • Yesus
  • Kristus
  • Bapa
  • Bunda Maria
  • Lindungi
  • Tuntun aku
  • Yesusku
  • Ya Bapa
  • Dan lain-lain

Nah, bagi yang beriman lain, silahkan pilih sendiri sesuai keyakinannya. Satu kata, jika kita batinkan setiap saat, akan menjelma menjadi sesuatu yang mampu menggerakkan hidup kita menjadi penuh makna, bagi diri kita, orang-orang di sekitar kita, dan tentunya bagi kemuliaanNya. (set)