JALAN BAHAGIA
Kumpulan renungan, refleksi, kisah bermakna dan inspiratif, serta cerita pergulatan hidup sehari-hari

Linkshare_88x31McroBtn

Kumpulan Doa

Penenang Jiwa

AddThis Social Bookmark Button

Sebagai makluk social maupun individu, kadang kita terlalu disibukkan dengan segala lalulintas kejadian dan olah pikir yang menghasilkan kabut dalam diri kita. Cara pandang kita terhadap segala sesuatu menjadi tidak jernih. Hidup kita menjadi penuh ketegangan. Setiap langkah terasa berat dan makin berat. Kabut batin ini membuat kita tidak bisa melihat segala kebaikan Tuhan kepada kita.

Mari kita kembali hening sejenak agar terbuka batin kita dan bisa jujur di hadapan Tuhan. Dengan hening dan melihat batin kita setiap hari, akan terbuka kabut tebal tadi. Kita menjadi menyadari segala kebaikanNya dan jujur mengakui segala kekilafan kita. Tuhan sudah memberi arahan agar batin kita selalu terjaga jernih, hanya kadang kita yang membuat kabut penghalang.

 

Doa-doa di bawah inilah pemberian Tuhan khusus bagi kita. Dengan mendaraskan dan mematuhinya, akan tercipta batin jernih sebening kaca. Hidup akan terasa ringan dan menyegarkan. Lakukan setiap pagi hari, batinkan dalam hati dalam setiap langkah kaki dari pagi – sore, dan renungkan kembali menjelang tidur. Adakah sudah kita lakukan perintahNya. Jika ada yang terlewat atau melanggar, segera mohon ampun dengan rendah hati. Maka batin akan kembali ringan dan siap untuk menapak esok hari.

 

Penenang Batin

Akulah Tuhan, Allahmu!

  1. Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepadaKu saja, dan cintailah Aku lebih dari segala sesuatu.
  2. Jangan menyebut Nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat.
  3. Kuduskanlah hari Tuhan.
  4. Hormatilah ibu-bapamu.
  5. Jangan membunuh.
  6. Jangan berzinah.
  7. Jangan mencuri.
  8. Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu.
  9. Jangan mengingini sitri sesamamu.
  10. Jangan mengingini milik sesamamu secara tidak adil.

 

Mari kita tempelkan 10 resep penenang jiwa ini di dinding kamar, di meja kerja, dan terlebih di lubuk terdalam hati kita, dan batinkan setiap saat setiap detik. Jika melanggar baik sengaja atau pun tidak, segera kita bersimpuh jujur kepada Tuhan dan bertobat agar batin tidak resah, tegang, dan berat. Dan sesudahnya, akan terasa tenanglah batin dan hidup kita….

(NB : Bagi saudaraku yang beragama lain, silahkan sesuaikan dengan formulanya masing-masing)